• 12 Jan 2017

    Free Twilight Blogger Template

    free-twilight-blogger-template
    Free Twilight Blogger Template Rumah Es berbagi template? Yup. Sehubungan dengan tahun yang telah berganti, alamat dan domain diblog ini pun akhirnya berganti. Mungkin ada nih pembaca blog Rumah Es yang sadar bahwa di awal tahun ini blog Rumah Es berubah sedikit demi sedikit, mulai dari pengerucutan kategori, nama yang berganti, sampai akhirnya beralih domain.

    Masih ingat nama Nurul’s Little World? Nah, itu nama yang saya gunakan sejak blog ini lahir. Sebenarnya agak berat melepasnya, tapi karena saya memutuskan untuk beralih domain dan jika nama itu tetap dipertahankan rasanya akan lebih sulit untuk diingat. Maka timbullah ide untuk mengganti nama lama dengan nama yang baru, yakni Rumah Es. Rumah Es adalah akronim dari nama saya sendiri yaitu Nurul Hikmah S, nuRUl hikMAH S (dibaca es). Bagaimana? Setelah namanya diganti jadi lebih mudah diingat dan diketik bukan?

    Jadi, dalam rangka pergantian konsep blog, nama, dan domain, serta karena beberapa bulan terakhir saya tertarik dengan desain blog terciptalah post ini. Blog Rumah Es pun berbagi template gratis minimalis yang akhir-akhir ini sedang hits, tentu karena tampilannya yang terlihat bersih dan manis.

    Well, template kali ini dinamakan twilight karena … saya suka twilight (bukan filmnya mas Cullen sama neng Bella ya!) tapi twilight secara harfiah alias senja. Tapi bukan berarti tone warna blognya oranye-oranye begitu ya. 😁

    Oke, langsung saja untuk pembaca yang penasaran dengan tampilannya ini ada previewnya:

    twilight-blogger-template-preview
    web preview

    Bagi yang ingin lihat penampakannya langsung di blog silakan klik link di bawah ini.


    File templatenya saya sediakan dalam format .xml. Jadi templatenya bisa langsung diunggah ya. Klik link di bawah ini untuk mengunduh template.


    Adapun cara singkat penginstalan template ke blogmu yaitu:
    1. Masuk ke dasbor blogmu.
    2. Pilih pengaturan “Template”.
    3. Klik tombol “Cadangkan/Pulihkan” (Backup/Restore).
    4. Backup dulu templatemu dengan menekan tombol “Unduh template” (Download template) dan salin juga semua kode widgetmu di notepad.
    5. Jika sudah dibackup template dan widgetnya klik tombol “Choose File”.
    6. Cari file templatemu, namanya: Twilight Blogger Template.xml.
    7. Lalu klik tombol Unggah/Upload.
    8. Template barumu pun siap digunakan!
    9. Jangan lupa copy juga semua widget yang sudah kamu salin di notepad tadi ya.
    Karena di template Twilight ini ada navbar yang melayang-layang, kamu bisa mengganti judul dan link di navbar tersebut dengan milikmu sendiri.

    Caranya:
    1. Masih di pengaturan template, klik tombol edit html.
    2. Sesudah terbuka klik disembarang tempat dalam kotak html tersebut.
    3. Tekan tombol ctrl+F di keyboardmu.
    4. Cari tulisan “BERANDA”.

    Kodenya akan tampak seperti ini:

    <li><a href='#'>BERANDA</a></li>
    <li><a href='#'>KONTAK</a></li>
    <li><a href='#'>TENTANG</a></li>

    Ganti tulisan BERANDA, DAFTAR ISI, dan KONTAK dengan kategorimu sendiri. Dan tanda pagar ‘#’ dengan link yang mengarah pada kategori diblogmu itu. Contoh:

    <li><a href='#'>BERANDA</a></li>
    menjadi <li><a href='http://www.rumahes.com/search/label/blogging'>BLOGGING</a></li>

    Setelah itu jangan lupa disimpan perubahan di templatenya.

    Gampang bukan?

    Nah, jika ada navbar bawaan dari blogger silahkan dinonaktifkan dulu ya, jadi tidak nanti akan beradu dengan navbar custom dari template Twilight.

    Ini penampakan si navbar bawaan, kamu bisa menonaktikannya lewat menu “Tata Letak” di dasbor blogmu.

    default-navbar
    default navbar

    Selain itu jika warna judul blogmu, warna judul posting, link dan lainnya mau diubah silakan saja. Bisa diubah lewat pilihan “Sesuaikan” di menu Template. Tulisan Twilight juga bukan gambar header lho tapi berasal dari font, jadi akan menyesuaikan dengan judul blogmu sendiri.

    Tapi kalau navbar dan yang lainnya mau diubah warna atau bentuknya silakan saja coding-coding pakai kode css, javascript atau html.

    Oh ya, template ini sifatnya tidak responsive ya, tapi tetap mobile friendly. Bisa kamu pilih nih tampilan mobilenya yang default dari blogger atau yang sudah dicustom.

    Ini tampilannya yang sudah dicustom di mobile ya. (tidak terlalu jauh beda dengan yang default)


    twilight-blogger-template-mobile-preview
    mobile preview

    JANGAN LUPA: Template ini hanya untuk blog berplatform Blogger ya, jadi tidak bisa diterapkan di platform Wordpress. Dan … ke depannya saya berencana untuk berbagi template blogger gratis lagi … serta mengkomersilkan template desain blog berplatform blogger ini. Bagaimana? Ada yang tertarik? 😀

    Ketentuan: dilarang menghilangkan kredit atas Rumah Es pada bagian footer serta menjual template ini tanpa izin dalam bentuk apapun.

    Nah, jika kamu tidak mau ketinggalan koleksi free blogger template lainnya dari blog Rumah Es, yuk follow dan berlangganan di blog ini. Nantikan template-template lainnya diwaktu yang berbeda!

    Akhir kata, sampai jumpa lagi dipost berikutnya. 😃

    -------------------------
    AYO TERHUBUNG!
    --------------------------

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    COPYRIGHT © 2018 RUMAH ES · PEKANBARU · INDONESIA