• May 12, 2020

    5 Kesalahan Blogging yang Mungkin Kamu Perbuat

    kesalahan-blogging-yang-mungkin-kamu-perbuat5 Kesalahan Blogging yang Mungkin Kamu Perbuat - Pernah dengar istilah nobody is perfect? Jika pernah mungkin kamu bisa menduga apa artinya, yaitu tiada yang sempurna. Memang benar, pada dasarnya kita semua tidaklah sempurna. Dalam melakukan banyak hal seringnya kita melakukan kesalahan-kesalahan mulai dari yang kecil hingga yang besar. Tapi seiring berjalannya waktu tentu kita akan belajar agar tidak mengulang kesalahan yang sama, bukan? Karena meski tidak akan mencapai kesempurnaan, setidaknya kita bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    Hal ini juga berlaku dalam blogging, kadang kala ada saja kesalahan-kesalahan yang luput dari perhatian kita. Terutama saat kita baru saja mencemplungkan diri dalam dunia blog. Sebut saja blogger pemula. Bisa saja dalam bentuk kecil seperti salah menulis satu huruf dalam sebuah pos atau malah sesuatu yang besar seperti ... apa ya?

    Ingin tahu kesalahan-kesalahan seperti apa yang terjadi dalam aktivitas bloggingmu? Yuk, luangkan waktumu untuk membaca tentang 5 kesalahan blogging yang mungkin kamu perbuat di bawah ini.

    1. Terlalu Banyak Widget/Plugin di Bagian Sidebar
    Duh, apa sekalian saja tidak usah dipasang ya? Tidak, tentu tidak begitu. Dalam sebuah blog tentu kita memerlukan widget/plugin untuk menunjang blog kita. Seringnya kita memasang foto dan sepatah dua patah kata tentang diri kita sebagai admin blog. Begitu juga dengan widget/plugin pos terpopuler atau terbaru yang membantu pembaca untuk memindai pos apa yang ada di blog kita tanpa repot-repot berganti halaman. Belum lagi widget link media sosial yang kita sediakan agar semakin terhubung dengan para pembaca. Dan selain itu masih banyak lagi widget yang biasanya kita pakai.

    Tapi apa benar widget yang kamu pasang sudah sesuai dengan kebutuhan? Coba bayangkan jika widget diblogmu jumlahnya lebih dari 10? Apakah perhatian pembaca tidak jadi terpecah? Selain itu apakah blog kamu tidak terasa berat? Coba deh kamu rasakan perbedaan saat semua widgetmu terpasang dan ketika semuanya kamu hilangkan.

    Cara Memperbaiki:
    Pasanglah widget/plugin yang benar-benar kamu butuhkan saja. Jika widget di sidebarmu lebih dari 5, coba dipilih dan diperhatikan lagi kegunaannya. Apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya menampilkannya karena widget itu terlihat cantik atau banyak digunakan oleh blogger lain pula? Atau lebih mudahnya begini, ketika berkunjung ke blog lain apakah widget tersebut biasanya kamu perhatikan dan kamu anggap penting? Jika tidak maka kamu bisa menghilangkannya dari sidebarmu agar blogmu terasa lebih lapang dan tidak sesak. Karena jika kamu terlalu banyak memasang widget sesungguhnya waktu loading blogmu akan bertambah lama dan blogmu jadi terasa berat lho. Pembaca mana yang mau berlama-lama diblog yang terasa berat?

    2. Menulis Dalam Rata Tengah
    Apakah blogmu berisi puisi atau kutipan-kutipan saja? Jika tidak maka kamu telah membuat kesalahan. Pernahkah kamu melihat tulisan di buku, majalah, koran atau situs berita yang dibuat rata tengah? Tentu tidak bukan? Biasanya tulisannya dibuat rata kanan kiri atau kiri. Mengapa? Karena format seperti itulah yang paling mempermudah mata kita saat membaca teks panjang. Tapi jika bentuknya puisi atau kutipan tentu rata tengahlah yang paling cocok.

    Cara Memperbaiki:
    Buatlah tulisanmu dalam rata kanan kiri (justify) atau rata kiri (left-align) jika justify tidak tersedia.

    menulis-dalam-rata-tengah

    3. Blog Terlalu Ramai
    Coba bayangkan jika kamu berkunjung ke sebuah blog dengan latar belakang bergambar yang warna-warni dan gambarnya sangat ramai pula. Bukannya fokus pada pos, pembaca akan terdistraksi dan yang dilihat malah gambar-gambar di latar belakang tersebut. Warna-warna yang terlalu tabrak lari, gambar dan pattern yang memadati dimana-mana. Dengan melihatnya saja pembaca akan merasa blogmu terlalu sesak lho. Alhasil mereka kehilangan fokus dan tidak jadi membaca kontenmu. Tidak mau kan hal itu terjadi?

    Cara Memperbaiki:
    Pilihlah tema blog dan pernak-perniknya dengan hati-hati. Jika dirasa sebuah tema terlalu mencolok warna dan latar belakangnya, kamu bisa menggantinya dengan tema lain yang dirasa pas dan tidak membuat blogmu terasa 'padat'. Dari yang gratis hingga premium, kita semua bisa memilih tema sesuai kebutuhan. Jika ingin memanjakan mata pembaca maka pilihlah warna-warna terang. Tapi jika temamu ingin bernuansa gelap, pastikan warna gelapnya tidak terlalu menguasai sampai-sampai posmu kehilangan daya tariknya karena dikalahkan oleh warna tersebut.

    4. Pos Memenuhi Halaman Utama
    Saat pertama kali membuka sebuah blog, biasanya kita suka melihat bagian halaman utamanya. Tapi coba bayangkan jika saat menginjak bagian homepage tersebut tahu-tahu kita sudah disuguhi oleh satu pos lengkap dari awal hingga akhir. Niat kita ingin melihat seluruh bagian blog dari header di atas hingga footer di bawah atau cuplikan beberapa pos, malah suntuk jadinya karena harus jauh scrolling ke bawah hanya untuk menamatkan satu buah pos yang belum tentu sesuai dengan minat kita. Belum lagi jika tidak sediakan fitur daftar isi. Bagaimana caranya menjelajahi atau melihat-melihat beberapa judul posnya tanpa harus capek scrolling ke bawah selama itu?

    Cara Memperbaiki:
    Dalam Blogger maupun Wordpress ada fitur bernama "jump break". Lewat fitur ini kamu bisa memilih untuk menampilkan sedikit saja isi posmu di halaman homepage. Jadi, hanya cuplikannya sajalah yang tampil di homepage. Dengan ini, tentu pembaca akan penasaran melihat sisanya lalu mengklik posmu. Jangan sampai hanya dengan melihat homepage seluruh isi posmu bisa dibaca ya! Buatlah pembaca penasaran untuk membaca sisanya. Jangan malah membuat mereka suntuk karena homepagemu dipadati oleh seluruh isi pos. Oke?

    pos-memenuhi-halaman-utama

    5. Susah Untuk Diikuti
    Jika blogmu sulit untuk diikuti maka banyak potensi para pembaca/pengikut blog yang kamu lewatkan. Coba bayangkan jika kamu suka sebuah blog dan ingin terus mengikuti perkembangan konten-kontennya tapi pemilik blognya tidak menyediakan fitur untuk terhubung dengan pembacanya? Apakah setiap saat kamu harus mengecek blognya? Tentu melelahkan, terkadang malah terlupakan. Tapi jika blogmu mudah untuk diikuti, maka saat sedang berlancar di internet atau media sosial pembacamu akan gampang kembali ke blogmu karena sudah diingatkan lewat berbagai cara.

    Cara Memperbaiki:
    Pilihlah beberapa widget penghubung seperti pengikut blog, Google Plus, BlogLovin, kotak e-mail subscribe, media sosial, atau yang lainnya untuk ditempatkan di blogmu. Dengan widget-widget tersebut saat kamu mengupdate blogmu dan membagikannya di sana tentu pembaca akan sadar kalau blog kesayangannya sudah menerbitkan konten baru. Dengan begitu pembacamu akan kembali dan klik-klik baru tentu akan bertambah pada statistik blogmu.

    Oleh karena itu, yuk buat perubahan agar blogmu jadi lebih baik lagi!

    --------------------------
    AYO TERHUBUNG!
    --------------------------

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2018 RUMAH ES · PEKANBARU · INDONESIA