• 13 Mar 2016

    Free Printable College Planner

    free-printable-college-plannerFree Printable College Planner – Halo, semua! Kembali lagi dalam pos seputar printable. :)

    Sebelum membahas lebih banyak mengenai pos kali ini saya rasa tak ada salahnya jika saya mengulang lagi pembahasan singkat mengenai kata “printable” yang pernah dibahas di pos terdahulu bukan? Mungkin di antara pembaca memang ada yang sudah tahu bahkan familiar dengan istilah printable ini. Namun bagi yang belum tahu tentu masih bingung nih. Jadi, agar tidak bingung saya ceritakan sekejap ya.

    Nah, printable ini istilahnya adalah sesuatu yang bisa dicetak. Jika ditambahkan kata free di depannya, otomatis sesuatu yang bisa dicetak ini sifatnya gratis. Berhubung judul pos saya kali ini adalah free printable college planner maka yang bisa dicetak secara gratis ini adalah college planner.

    Ngomong-ngomong ada yang tahu tidak college planner ini bagaimana bentuknya? Atau malah sudah punya?

    Wah, meskipun sudah punya tidak ada ruginya kan menambah koleksimu lagi? Kebetulan kali ini ada empat bentuk college planner yang saya bagikan, yaitu: jadwal kuliah, daftar tugas, jadwal UTS, dan jadwal UAS.

    Penasaran bagaimana preview bentuknya? Ini dia lho …

    college-planner-preview
    preview

    1. Jadwal kuliah

    Untuk jadwal kuliah biasanya para mahasiswa memang sudah punya jadwalnya masing-masing di KRS. Tapi menurut pengalaman saya selama beberapa semester biasanya jadwal di KRS pada masa awal perkuliahan akan berubah sesuai dengan kesepakatan dosen dengan mahasiswa. Sebab tak jarang jadwal dosen mengajar di kelas kita bentrok dengan kelas lainnya, mahasiswa minta pergantian jam, atau ada lagi hal lain yang menyebabkan jadwal di KRS akhirnya diubah. Nah, daripada kertas KRS-mu dicoret-coret tak ada salahnya toh menulis jadwal yang baru di college plannermu?

    2. Daftar Tugas

    Tanpa ada kertas planner sebenarnya daftar tugas pastilah kita tulis di buku catatan, di memo ponsel, atau malah diingat saja. Di antara ketiganya pencatatan di kertas saya rasa adalah jalan yang paling efektif agar kita tidak lupa. Tapi sayangnya tanpa kertas planner daftar tugas yang saya punya letaknya acak-acakan dan tersebar di beberapa kertas. Terkadang tertutup dengan coret-coretan. Daripada terlupakan dan berserakan maka saya buatlah planner ini agar daftar tugas jadi lebih teratur. Terlebih lagi di planner ini saya memberikan kategori tanggal pemberian tugas, mata kuliah, isi singkat tugasnya, tanggal pengumpulan tugas tersebut serta lingkaran centangnya.

    3. Jadwal UTS dan Jadwal UAS

    Seiring dan sejalan, desain kedua planner ini pun sama. Bicara soal fungsi tentu saja sama seperti dua bentuk planner di atas, yaitu agar jadwal ujian kita lebih teratur dan kita pun tidak lupa.

    Bagi kamu yang penasaran bagaimana bentuknya setelah saya cetak, coba lihat gambar di bawah ini ya. Plannernya saya cetak di kertas binder berukuran A5.

    college-planner-printed
    printed

    Terlihat agak gelap memang, sebab saya mengambil fotonya dalam ruangan yang pencahayaannya tidak terlalu baik.

    Tapi kalau kamu tertarik untuk memiliki empat college planner di atas kamu bisa mendownloadnya dengan menekan tombol download di bawah ini ya. Kertas plannernya saya sediakan dalam format bolak-balik (depan dan belakang) untuk kertas binder berukuran A5. Format filenya .png. Bagi yang ingin mencetaknya di kertas berukuran lain gambarnya disesuaikan dulu ya.

    a. Jadwal Kuliah

    Halaman depan

    Halaman belakang

    b. Daftar Tugas

    Halaman depan

    Halaman belakang

    c. Jadwal UTS

    Halaman depan

    Halaman belakang

    d. Jadwal UAS

    Halaman depan

    Halaman belakang

    Ketentuan: hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk dijual dalam bentuk apapun.

    ---

    Oke, cukup sekian dulu ya free printable edisi college planner kali ini. Bagi yang ingin melihat koleksi printable sebelumnya silakan baca di Free Printable 2016 Calendar ya. Memang sementara ini koleksi printable di Rumah Es baru ada dua. Jadi bagi yang penasaran akan koleksi-koleksi lainnya, ditunggu saja ya, pasti akan menyusul. Rencananya sih printable selanjutnya akan saya buat dalam bentuk pembatas buku atau planner lain lagi.

    Bagaimana? Kamu setuju tidak?

    Atau malah ada saran lain untuk free printable selanjutnya? :D

    36 komentar:

    1. Artikel Nya Bagus, Patut di Coba nih Biar Gak Ngebosenin Kalo Liat Jadwal Pelajaran.
      Jangan Lupa Back ya :D
      LiatLink

      BalasHapus
    2. Wuah iyaya, emang butuh juga nih yang beginian untuk jadwal kuliah yang emang sering berubah dari jadwal KRS menyesuaikan dosennya, untuk daftar tugas kuliah juga biar ga lupa ngerjain. Selama ini sering ngandelin kemampuan otak untuk mengingat semuanya sih, dan alhasil, sering lupa. Muahahaha.

      Btw, keren free printable college plannernya. Gue download deh. Thanks yap. :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Samaan, ini saya juga udah sebulan kuliah jadwalnya masih aja ada yang diubah-ubah. Kadang kelupaan, makanya lahirlah planner ini.

        Wehehe, thanks ya, dan sama-sama :D

        Hapus
    3. Wuaaaahh baru tau nih tentang printable. Dan waktunya pas banget. Gue beberapa hari lagi mau UTS nih. Daripada buang-buang pertengahan kertas pakai ini aja lebih cepat dan gak bikin bingung.

      Tapi boleh dong sarannya. Warnanya dicampur-campur kaya pelangi gak apa-apa. Atau warna yang cocok buat cowok dan cewek. Itukan ada pink-pinknya. Kalau dari gue sih gak masalah warna apa aja. Pasti ada beberapa yang gak suka dengan warnanya. Bisa deh dimainin kan warnanya :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah udah mau UTS aja, cepat ya. Saya baru aja sebulan masuk kuliah. Hehehe.

        Tadi sebelum posting emang sempat kepikiran tentang warnanya juga sih, soalnya rada-rada pink, lebih cocok buat cewe. Nanti saya tambahin deh yang warnanya netral, jadi bisa dipakai sama siapa aja :)

        Hapus
    4. Bagus juga nih college plannernya, biar kegiatan perkuliahan makin teratur. Sempet gak kepikiran juga sih hehehe. Selama ini catetan gue campur aduk, yang mana catetan yang mana tugas ga karuan, jadi tiap mau ngerjain tugas pasti ribet sendiri.

      Gue coba donlot dulu ya, kalo cocok nanti gue print :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dulu juga ga kepikiran buat printable gini, tapi yah karena terinspirasi makanya muncul deh. Hehehe. Soalnya emang iya, ribet kalau dia udah kecampur sama catatan, jadi amburadul. XD

        Silakan :D

        Hapus
    5. Aku download yang daftar tugass ah :D soalnya suka kowalahan kalau tugas nggak didaftar gitu :D thanks ya :))

      BalasHapus
      Balasan
      1. Boleh, silakan. Semoga membantu ya :)

        Hapus
      2. Terimakasiiiih banyak :)) hihihi iyaa, sangat membantu kok :)

        Hapus
    6. Waah, keren nih, kayaknya bakalan bermanfaat banget buat yang kesusahan naruh jadwal kuliahnya. Desainnya juga unyu-unyu banget dan tinggal print doang udah bisa langsung pakai.

      By the way, ini kamu sendiri kah yang bikin? keren banget loh. Lain waktu bikin juga jadwal untuk para pekerja yaa hehe.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyap, saya bikin sendiri. Hehehe. Terimakasih :D. Idenya saya tampung ya, kedepannya saya coba buat deh.

        Hapus
    7. Aaah suka sekali sama desainnya :) #SharingisCaring \'0'/

      BalasHapus
    8. Hmm saya nga pernah make ginian :'( orangnya sembrono sih. kalau ada tugas aja utung-untungan kalau di tulis paling sering sih cuman di catat, iya di catat di otak. Itung-itung melatih daya ingat mb. Akhirnya otak setres, tugas nga selesai :'v

      boleh di coba lah, apalagi yang pembatas bukunya ituloh. saya tunggu yang pembatas buku deh mb, tapi warnanya di ganti dong mb, masa warna pink ama ungu semua mb, seharusnya warna pink semua aja, warna ungunya nga usah. atau warna orange lebih adem

      BalasHapus
      Balasan
      1. Melatih daya ingat ya, kemudian stress dan tugasnya kaga selesai. Wkwkw. XD

        Bole, ditunggu saja ya, nanti kalau waktu agak senggang saya buat pembatas bukunya. Kalau tentang request warna rencananya nanti saya tambahin warna lainnya lagi :)

        Hapus
    9. naaaaaaaah
      gue baru tau kalo ada bginian malah. wah, ini gue nya aja yg norak.
      gue kirain bakalan cerita tentang alat printer gtu yg gratisan ga pake bayar. eh ternyata kayak gini.
      boleh nih di save buat d print nantinya. hahaha
      thank you yak

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kagaaa, cuma jarang denger aja tuu. Hehehe.

        Yak beginilah adanya. Kalo ada printer gratisan saya juga maoo :D

        Sama-samaa~

        Hapus
    10. akhirnya aku nemuin blogger Indonesia yang buat ini, dan kebetulan lagi butuh buat oganize tugas. makasih banyakkkkkkkkkkk <3

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waaa dan saya akhirnya nemuin blogger Indonesia yang juga suka sama printable begini XD Iya, saya juga dulu nyari" blogger lokal yang buat ginian, tapi belum ada ya, banyakan yang dari luar. Akhirnya buat sendiri. Hehhe.

        Sama-sama mbak :)

        Hapus
    11. aku download semuanyaaaa nyoba2 supaya jadwal lebih teratur.. kamu anak pgsd fkip? aku anak biologi fkip. kamu anak unri? aku anak unri. yuk ketemuan ;)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waa samaan ya dari fkip unri, ihik aku ga sadar waktu singgah ke blogmu lho. Ternyata orang deket, whehehe. Ranika angkatan berapa ya kalo bole tau? :)

        Hapus
      2. Hihi iyaa soalnya aku kan gak nyantumin biodata :D aku angkatan 14, kmu?

        Hapus
      3. Iya, tadi mampir lagi ternyata emang di bionya gaada. Hehe. Angkatan 13 :)

        Hapus
      4. Hehe iyaa emg sengaja gak dicantumin :D waaa senior toh hihi klo gtu salam kenal deh kak :)

        Hapus
      5. Yap, salam kenal juga ya Ranika :)

        Hapus
    12. Wah, efektif banget ini. Aku kayak mbak juga, sering nyatet tugas trus lupa, atau kalo nggak ya ilang. Kalo ada ini, aku bisa nyatet tugas atau jadwal dengan baik, nyampe rumah baru ditulis lagi di whiteboard, biar inget. Kerenlah mbak, aku jadi pengen bikin..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyap, kalau dicatetnya ngga rapi kadang kelupaan detail-detailnya. Tapi kamu enak juga ya ada whiteboard, jadi lebih gede. Yuk, sama-sama bikin :D

        Hapus
    13. wih, helpful banget yak buat mahasiswa dan mahasiswi. udah helpful, free pula. alangkah indahnya teknologi ini. jadwal dapet, uas uts pun menjadi lebih indah. hahaha..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Whehehe, yak benar sekali. Alangkah indahnya teknologi dizaman ini ya :D

        Hapus
    14. sangat membantu bnget nih buat mahasiswa seprti saiyah heheehehe Izin Download ya mbaa :D

      BalasHapus
    15. kak baguus bangeet, pengen download tapi gabisa yaah :(

      BalasHapus
    16. Color tone-nya suka banget! Selalu ngehype gemes kalo ngeliat desain-desain eye catchy dan pastel color kayak begini >o<

      BalasHapus

    COPYRIGHT © 2018 RUMAH ES · PEKANBARU · INDONESIA