• 25 Des 2016

    5 Inspirasi Desain Foto Profil Blog Nan Lebih Keren

    5-inspirasi-desain-foto-profil-blog5 Inspirasi Desain Foto Profil Blog Nan Lebih Keren – Saat pertama kali mengunjungi sebuah blog biasanya apa saja yang kamu pikirkan?

    Blog ini apa sih isinya
    Eh, penulisnya siapa ya?

    Benar tidak dua hal di atas? Jika iya berarti kita sepemikiran dan sehati nih. Nah, jika isi dari blog tersebut berhasil membuat kita tertarik (atau malah sebaliknya) pasti secara tidak langsung kita akan bertanya-tanya siapa sebenarnya penulis blog yang kita datangi itu.

    Dia lelaki atau perempuankah? Masih mudakah? Apakah kita mengenalnya?

    Bukankah akan ada banyak pertanyaan yang muncul di dalam pikiran kita?

    Jika kamu adalah tipe yang mudah penasaran dan ingin tahu tentu kamu bakal meng-scroll layarmu ke samping, mencari dibagian sidebar atau malah ke bawah—kemana saja demi menemukan siapa penulis blog tersebut. Tak lama kemudian tentu kamu akan menemukan fotonya bukan? (jika penulis blog memang menyertakannya) Jika tidak disertakan, paling tidak kamu akan mencari namanya saja. Jika tidak juga disertakan nama penulisnya ... ah … anggap saja kamu sedang bertemu dengan pemilik blog yang misterius ya. Bisa jadi dia melakukannya demi menjaga privasi atau karena ada pertimbangan lainnya.

    Nah, khusus untuk kamu yang sering mencari foto pemilik blog yang kamu kunjungi ataupun kamu pemilik blog yang sudah memasang foto profilmu di bagian sidebar saya punya pertanyaan: sadarkah kamu bahwa dalam beberapa tahun terakhir tren foto di-sidebar blog sudah mengalami perubahan?

    Dulu, pertama kali membuat blog, foto profil diblog saya sendiri masih berupa foto dari profil blogger yang berbentuk persegi. Namun, sesudah itu saya menggantinya dengan profil google plus, bentuk fotonya diblog ternyata masih sama: persegi juga. Tapi setahun belakang ini setelah blogwalking kemana-mana akhirnya saya pun sadar akan satu hal … foto profil para blogger—terutama yang dibagian sidebar—ternyata banyak yang sudah tidak berbentuk persegi lagi lho! Kini banyak yang berbentuk lingkaran, bahkan ada hiasan dan embel-embelnya pula. Menarik? Tentu. Keren? Sudah pasti.

    Sadar bahwa foto profil berbentuk bulat ini sudah mulai digandrungi saya pun melakukan hal yang sama. Saya desain ulang deh foto profil di-sidebar blog. Kebetulan saya juga lebih suka dengan foto yang berbentuk lingkaran ini daripada yang persegi.

    Kalau kamu bagaimana? Foto profil diblogmu bentuknya lingkaran atau persegi?

    Jika kebetulan kamu penggemar si lingkaran dan si persegi berikut akan saya tampilkan beberapa desain foto profil blog dengan dua bentuk itu ya.

    Semoga dengan inspirasi desain foto profil di-sidebar-mu ini blogmu akan tampak lebih menarik dan kece.

    Langsung saja, inilah dia: 


    desain-foto-profil-blog-keren
    inspirasi foto blog


    Bagaimana? Favoritmu yang nomor berapa?

    Oh ya, jangan lupa saat mendesain foto profil blog ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan nih:

    1. Pilih foto dengan resolusi yang tepat

    Bagaimana perasaanmu saat melihat foto yang ukurannya terlalu kecil sampai-sampai kelihatan pecah? Duh, tentu sedih bukan? Selain kurang enak dilihat foto yang resolusinya terlalu rendah hingga kelihatan pecah bisa menyebabkan si pemilik foto wajahnya sampai-sampai tidak bisa dikenali lho. Tidak percaya? Coba deh resize foto profil diblogmu sampai ukurannya kecil sekali. lalu tampilkan diblogmu. Bagaimana? Masih belum percaya? Maka dari itu, pilih foto dengan resolusi yang tepat ya.

    2. Sesuaikan dengan palet warna blog

    Mengapa mesti disesuaikan?
    Coba deh bayangkan, misalnya seluruh warna diblogmu adalah warna merah, tiba-tiba desain foto profil dibagian sidebar blogmu warnanya biru. Duh, pasti terlihat mencolok dan tidak nyambung kan? Seharusnya kamu pilih warna merah juga saat mendesain fotonya. Atau paling tidak warna-warna netral saja. Kecuali nih jika ada beberapa elemen lain yang berwarna biru diblogmu, pasti masih bisa diterima. Atau kalau blogmu punya beberapa warna dominan di dalamnya, misalnya perpaduan antara kuning dan hijau. Kalau begitu kan kamu bisa pilih salah satu, atau malah perpaduan keduanya. Iya tidak?

    3. Sertakan biodata singkat

    Nah, kalau yang satu ini sih opsional. Bisa langsung kamu desain di bawah foto atau kamu tambahkan setelahnya lewat fitur teks diblogmu. Tapi kebanyakan blogger memang menyertakan biodata singkat ini lho dibagian bawah atau samping foto profil blognya. Tujuannya apa? Tentu agar pembaca blognya bisa mengenal dirinya lewat biodata singkat ini tanpa perlu repot-repot membaca halaman about me yang biasanya panjang. Tak jarang lewat biodata singkat ini pembaca merasa lebih dekat dengan si penulis blog, misalnya dengan menyertakan daerah asal penulis atau hobinya. Selain itu pembaca juga jadi lebih gampang memutuskan apakah akan bertahan lebih lama diblog tersebut atau segera pergi.

    Eh, ternyata sama-sama berasal dari kota A.
    Wah, hobinya sama nih ... sama-sama fotografi. Blognya kayaknya bahas tentang fotografi juga.
    Baca dulu deh. Eh, follow juga ah~

    Benar tidak begitu yang sering terjadi?

    Kalau benar, yuk desain foto profilmu sekarang juga dan ... jangan lupa ikuti pula tiga tips di atas ya. Dengan begitu bukan hanya foto profil di sidebar-mu saja yang jadi tambah cantik, blogmu pun pasti jadi lebih enak untuk dilirik. 😃

    Jadi ... bagaimana nih? Sudah siapkah kamu untuk mendesain ulang foto profil di sidebar-mu agar tampak lebih keren?

    Atau kamu sudah cukup puas dengan tampilan yang sekarang?

    Yuk, berbagi cerita!

    N.B. Ingin tampilan foto profil sidebar-mu didesain seperti contoh di atas? Hubungi saya lewat informasi bagian kontak ya. 😊

    35 komentar:

    1. Setelah baca postingan ini langsung lihat foto profil saya, dan ternyata bentuknya masih segi empat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mau segi empat atau lingkaran, apa aja boleh mbak. Yang penting tetep happy :D Hehehe.

        Hapus
    2. Balasan
      1. Modelnya apa bentuknya yang lucu ni mbak? Hehehe :D

        Hapus
    3. aku masih suka gonta ganti foto profil belum nemu yg pas aja..
      kayanya idenya oke nih..ntar utak atik lagi..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama mbak, kadang-kadang saya juga masih suka gonta-ganti. Tergantung mood. ^.^

        Hapus
    4. waaah aku jd pengen ganti foto profil :D... tapi biasanya aku minta ke temenku yg memang bikinin semua blogku dr awal mbak... aku mah cuma posting doang, gaptek soal urusan edit2 dan utak atik blognya ;p.. save dulu postinganmu ini.. biar aku jdiin acuan utk ganti fotonya :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hayooo buruan digantiii. :D Enak nih mbak ada temennya buat ngebantuin. Saya ga ada, hiks T_T

        Silakan mbak. :)

        Hapus
    5. Aku suka nomor 1, circle dan simple. Tapi warnanya yg aku paling suka, kesannya semangat berapi-api...passion dan gairah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Itu kebetulan warna outline lingkarannya saya ngikutin bajunya si model mbak. Andaikan warna abu-abu, jadi kelabu deh :D Hehehe, saya juga suka yang nomor 1. Kesannya seger gituuu.

        Hapus
    6. aku #teamcircle! hidup foto profil lingkaran! hahaha..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah ada sesama #teamcircle nih XD Hidup foto profil lingkaran ya mbak! Hehehehe :D

        Hapus
    7. Aku suka yg no 3, penggemar biru berat soalnya! :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mbak penggemar biru ya? Hati-hati mbak, jangan berat-berat, nanti kalau jatuh sakit lho ketimpa kaki. Hihihi. XD

        Hapus
    8. Thanks for sharing mba. Aku kayanya butuh desain baru nih hehe. Aku suka yang nomer 1 dan 5. Hihi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama mbak, saya juga favoritnya nomor 1 sama 5. Semoga bermanfaat ya :D

        Hapus
    9. kok saya sukanya yang black en white ya.
      Hmm, foto saya pake baju ungu, blognya orange. Tau aja gak pas, tapi ya itu yang paling pas sama muka sih
      Foto lagi deh kalau gitu**

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya juga suka si black en white itu mbak. Simple tapi lucu, ehehe. Heran juga dari tadi kok ga ada yang demen. Eh ternyata mbak Lidha demen. ^.^

        Kalau warna baju ngga apa-apa mbak beda sama warna blog, kecuali kalo fotonya dikasih outline atau desain lainnya ... nah, warna desainnya itu tuh yang sebaiknya disesuaikan. Kalo baju bole apa aja mbak :D

        Hapus
    10. Betchull, salah satu bagian di blog yang wajib ganti minimal 3 bulan sekali ya prof pic ini...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apalah saya ini yang hampir setahun baru ganti foto profil blog, muehehehe XD

        Hapus
    11. Sukaak yg no 1 😁hehehe tfs mbaak harus edit foto profil blog nih. . Hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Samaan mbak, tosss 人. Hayukkk segera diedit :D

        Hapus
    12. Sukaak yg no 1 😁hehehe tfs mbaak harus edit foto profil blog nih. . Hehehe

      BalasHapus
    13. Nomor 1 sama nomor 3 lucu bangett favorit

      BalasHapus
    14. Hoiyaaaaa... saya baru ngeh malah, hihihihi... foto saya buleeetttt, sebulet pipi bloggernya :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gapapa bulet mbak, kalo pipinya persegi nggak kebayang malah, hehehe :D

        Hapus
    15. Aku semi oval gitu foto profilnya.. Hhee

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah kalo gitu letaknya di tengah-tengah ya mba, ngga bulet-bulet banget :D

        Hapus
    16. wah kak, menginspirasi sekali. Walaupun aku pake lingkaran tapi gak kepikiran ngasi frame yang unik di sekitar foto kaya di contoh. Haha aku mw coba buat XD hehe makasih yaaa
      No 1, 3 sama 5 jadi fav aku banget XD

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya Naditha, kakak dulu ga kepikiran juga. Tapi dilihat" banyak situs yang ngasih, jadinya lucuu. No 1, 3, sama 5 itu fav kakak jugaa. *tosss*

        Hapus
    17. Wah, tipsnya berguna banget buat saya agar bisa semakin baik lagi dalam mendesain blog. keren mbak. hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe, thanks mba Karel. Semoga bermanfaat ya ^.^

        Hapus

    COPYRIGHT © 2018 RUMAH ES · PEKANBARU · INDONESIA